Mengapa Harus Menggunakan R?

R adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk melakukan perhitungan statistik dan membuat grafik. R dibuat berdasarkan bahasa pemrograman statistik terdahulu yaitu S yang digunakan untuk software komersial S-PLUS. Dibanding S-PLUS, R memberi kebebasan pada pengguna untuk berkontribusi dalam mengembangkan R baik dari segi menambah fungsi-fungsi  dan metode-metode khusus. Saat ini terdapat ribuan add-on untuk R dapat dilihat di situsnya: http://cran.r-project.org/web/packages.


Mungkin banyak yang bertanya mengapa harus menggunakan R? Jika dilihat secara tampilan R tidak begitu menarik, tampilan R layaknya command line pada CMD di windows. Namun banyak alasan untuk mempelajari dan menggunakan R. Pertama, R merupakan platform yang sering digunakan dan menjadi pilihan oleh banyak statistikawan untuk membuat metode analitik yang baru, maka seringkali metode-metode tersebut dikembangkan pertamakali di R. R juga sering digunakan di universitas-universitas dalam mata kuliah statistika dan digunakan hampir di semua subjek ilmu, diantaranya adalah ekonomi, psikologi, biologi, kimia dan lain sebagainya.




Matriks Diagram Pencar
Jika anda seorang analis data, maka R merupakan pilihan terbaik karena R menawarkan banyak sekali alat analitik dan metode statistika. R dapat dijalankan hampir disemua sistem operasi. Selain itu, R juga dapat menggambarkan plot yang sangat baik dan indah sehingga dapat menyampaikan data dengan lebih baik dan menarik dibandingkan hanya sekedar spreadsheet. Kesimpulannya, R adalah software terbaik buat para analis untuk mengolah dan intepretasi data.
R memiliki komunitas pengguna yang sangat besar. Banyak pengguna R yang memiliki antusias tinggi dalam membantu orang lain untuk menyelesaikan masalah dan belajar hal-hal baru.
Memiliki pengetahuan yang kuat mengenai R merupakan skill yang sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan untuk mempekerjakan analis.
Dengan begitu banyaknya keunggulan R, yang terpenting adalah R dapat diperoleh secara gratis! Ya, gratis. Dengan begitu hebatnya R dalam penggunaannya nyaris di setiap bidang ilmu R tetap gratis, hal inilah yang merupakan kebanggaan bagi setiap pengembang R, yang terdiri dari statistikawan dan ahli komputer. 

Namun, apakah ada alasan mengapa kita tidak menggunakan R? Tentu saja setiap buatan manusia itu tidak ada yang sempurna. Salah satu alasan mengapa tidak menggunakan R adalah untuk menggunakan R secara efektif, tentu harus menguasai bahasanya. Sebagaimana yang kita tahu bahwa R memiliki tampilan layaknya command line pada CMD windows, semua hal yang dilakukan seperti untuk mencari ukuran gejala pusat, variasi, atau hal sederhana seperti membuat tabel akan sangat menyulitkan jika tidak mempelajari perintah-perintah khususnya.

Alasan lainnya adalah R sangat tidak cocok untuk mereka yang tidak suka pemrogramman. Selain itu, karena gratis biasanya dianggap tidak begitu powerful untuk melakukan analisa data. Padahal R sering digunakan untuk melakukan riset-riset tingkat tinggi bahkan analisa bisnis dan pasar. Tapi memang tidak bisa dipungkiri, walaupun R itu murah dan bagus, namun tidak begitu mudah untuk dikuasai. Butuh waktu yang lama untuk mempelajari dan menguasainya, namun kemampuan yang kita peroleh dari mempelajari R, is priceless :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages