Jenis Data

Data dapat dibedakan dalam beberapa golongan tergantung dari sudut mana memandangnya. Berikut ini akan dibahas beberapa jenis data yaitu:
 
1. Bentuk skor
Data berdasarkan sifat angka atau skor dapat dibedakan menjadi dua golongan yaitu data diskrit dan data kontinu. Data diskrit sesuai dengan namanya memiliki ciri yang terpisah-pisah antara angka (bilangan) yang satu dengan angka yang terdekat lainnya atau data yang tidak berbentuk pecahan. Contoh data diskrit yaitu: jumlah siswa pada tiap-tiap kelas, banyaknya mobil yang lewat pada setiap menit, skor hasil ujian 3 – 4 – 5 – 6 – 7 – 8. 


Gambar 1. Banyaknya mobil yang lewat dijalan termasuk data diskrit
sumber: lubrita.com

Data kontinu adalah data statistika yang angkanya merupakan deretan angka yang saling menyambung dari satu data ke data yang lainnya (kontinum). Contoh data kontinu yaitu, berat badan siswa MI kelas V adalah: 3,00 34,1 34,2 34,3 34,4 34,5 34,6 34,7 34,8 34,9 4,00 dan seterusnya.  

Gambar 2. Sesuatu hasil pengukuran dengan alat ukur seperti penggaris merupakan contoh data kontinu
sumber: agbeat.com

2. Bentuk Data
Pada awal bahasan ini anda telah membaca keterangan yang berupa kategori; baik, cantik, sehat, enak, berhasil, atau dalam bentuk bilangan atau angka seperti 3, 4, 5, 6, 7. Oleh karena itu data dapat dibedakan menjadi data bentuk kualitatif dan kuantitatif. Contoh keterangan yang berupa kategori; baik, cantik, sehat, berhasil dinamakan data kualitatif. Sedangkan keterangan yang berupa angka, 15, 18, 10, dan 25 merupakan contoh data kuantitatif. 

Gambar 3: Data kuantitatif vs. data kualitatif
sumber: devbasarab.com

3. Sumber data
Berdasarkan sumbernya, terdapat data intern dan data ekstern. Data intern adalah data yang diperoleh dari sumbernya secara langsung. Misalnya hasil pengetesan atau ujian terhadap siswa dalam mata pelajaran matematika suatu kelas, diperoleh skor 15, 20, 32, 22, 10, 26, 25, dan sebagainya. Skor-skor ini dinamakan dengan data intern. 


Gambar 4. Data yang berasal/diperoleh melalui eksperimen yang dilakukan sendiri termasuk data intern
sumber: europamedia.files.wordpress.com

Data ekstern adalah data yang diperoleh dari sumber lain. Misal untuk mengetahui kemampuan siswa dalam mata pelajaran matematika, dilakukan pengetesan atau ujian oleh pihak luar selain guru yang mengajar dan diperoleh skor 20, 22, 27, 30, 31, 29 dan sebagainya. Skor yang diperoleh ini merupakan data ekstern dan biasanya digunakan sebagai pembanding.


Gambar 5. Data yang diperoleh dari jurnal atau penelitian sebelumnya termasuk data ekstern
sumber: gourmandeinthekitchen.com

Sumber: Statistika, Dr. Budi Susetyo, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages