Selamat Datang di Blog StatsMaster : Jasa Konsultasi dan Pengolahan Data Statistik untuk Skripsi, Tesis, Disertasi, Penelitian dan lain-lain

Minggu, 05 Mei 2013

Statistika dan Statistik, apa bedanya?



Kita orang awam biasanya sangat mengenal kedua kata ini: Statistika dan statistik. Kita pun kadang menggunakannya dalam menerangkan beberapa hal. Ketika kita melihat sekumpulan data berbentuk tabel-tabel yang menjelaskan mengenai suatu hal kita cenderung mengatakannya sebagai salah satu bentuk statistik/statistika, atau ketika kita melihat grafik tentang pergerakan mata uang Indonesia yang naik turun, kita menghubungkannya dengan statistik/statistika. Sebenarnya apa itu statistika dan statistik? Apakah mereka merupakan dua kata yang sama atau beda artinya? Mari kita menjelaskan kedua kata ini secara terpisah.

Statistika

 

Pertama kita akan membahas mengenai statistika. Berdasarkan buku Statistika Terapan untuk Penelitian karya Prof. Furqon, Ph.D, Statistika adalah bagian dari matematika yang secara khusus membicarakan cara-cara pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisis dan penafsiran data. Dengan kata lain, istilah statistika di sini digunakan untuk menunjukkan tubuh pengetahuan (body of knowledge) tentang cara-cara penarikan sampel (pengumpulan data), serta analisis dan penafsiran data. Wikipedia Indonesia menjelaskan bahwa statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data. Statistika memiliki 2 cabang ilmu, yaitu statistika terapan dan statistika matematika. Kalian bertanya apa bedanya statistika terapan dengan statistika matematika, bukankah pada keduanya terdapat matematika? Percayalah itu pertanyaan yang bagus. Biar saya jelaskan satu per satu:
  • Statistika matematis (atau ada yang menyebutnya sebagai teori statistika) adalah statistika yang berorientasi kepada pemahaman model dan teknik-teknik statistika secara matematis-teoretis, misalnya saja teori peluang, ekspektasi matematis dan lain-lain.
  • Statistika terapan adalah statistika yang berorientasi kepada pemahaman intuitif atau konsep dan teknik-teknik statistika serta penggunaannya di berbagai bidang.
Statistika terapan sendiri dibagi menjadi berdasarkan tahapan dan tujuan analisisnya, yakni statistika deskriptif dan statistika induktif/statistika inferensial. Apa pula itu statistika deskriptif dan apa pula itu statistika induktif? Sederhana aja, statistika deskriptif, seperti sebutannya, bertujuan memperoleh gambaran atau ukuran-ukuran tentang data yang ada di tangan, sedangkan statistika inferensi bertujuan mencari kesimpulan berdasarkan penalaran-penalaran yang diperoleh dari suatu data. Pada postingan selanjutnya saya akan menjelaskan keduanya secara lebih mendalam. Selanjutnya kita akan membahas mengenai statistik.

Statistik



Statistik memiliki pengertian yang paling sederhana, yaitu alat-alat yang digunakan untuk menggambarkan atau menunjukkan ukuran-ukuran, angka, grafik atau tabel sebagai hasil dari statistika, misalnya saja grafik yang menggambarkan pergerakan mata uang, pergerakan saham, atau tabel-tabel yang menjelaskan total produksi dari suatu komoditas dan lain sebagainya.

Jadi sudah tau kan apa bedanya statistika dengan statistik? Sederhananya, statistika adalah ilmu sedangkan statistik adalah bagian dari ilmu atau alat untuk menggambarkan ilmunya. 
Demikian penjelasan saya mengenai perbedaan statistika dan statistik, semoga ini bisa memberi pencerahan mengenai dua kata tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar